Pokok Doa  |  Link  |  Peta Situs
Email: Password:   Lupa Password?
DATANGLAH KERAJAAN-MU (Zakaria 9:9-10)
oleh Perkantas SulSel: 02-02-2015, Dibaca: 1129 kali

Orang Jawa, pada umumnya tidak asing dengan istilah “Ratu adil”.  Istilah tersebut merupakan kalimat yang menggambarkan suatu kondisi mengenai zaman yang akan semakin merosot dan suatu harapan mengenai datangnya penyelamat, pembebas yang akan melaksanakan suatu tata pemerintahan yang adil di bumi nusantara.  Ini juga adalah suatu sikap etis dalam menghadapi kehidupan yang semakin jahat, agar tidak tersesat. Pemahaman orang Jawa mengenai suatu pengharapan Mesianis tersebut diatas, didasarkan pada suatu ramalan yaang tersusun dalam kalimat sastra para pujangga dan raja ternama di zaman dahulu kala.  Ketika keadaan semakin tidak menentu, gawat daraurat dan kacau maka tentu yang diharapkan orang adalah datangnya pertolongan.  Apa jadinya bila pertolongan itu tidak kunjung datang juga? Datangnya sang penolong itu tentu akan memberikan harapan besar akan pembebasan dari segala persoalan yang sedang dihadapinya. 

Hal serupa ini pula yang dialami bangsa Israel ketika mereka berada di dalam keadaan yang sangat terpuruk oleh berbagai penderitaan.  Zaman Zakharia adalah zaman pasca pembuangan. Zaman ini dipenuhi dengan ketidakpastian, zaman yang penuh dengan keragu-raguan, zaman kelemah-letih-lesuan di seluruh penjuru negeri Israel. Mengapa? Karena mereka baru saja mengalami masa-masa pahit dibuang ke Babilonia, meninggalkan tanah tanah leluhur mereka selama kurang lebih 70 tahun lamanya.  Namun Zakharia pun berseru, “Bersorak-sorailah dengan nyaring hai puteri Sion, bersorak-sorailah.  Lihat Rajamu datang kepadamu.  Mengapa Zakharia menyerukan agar umat Israel bersorak-sorai?  Karena pertolongan dari sang Raja itu akan datang di tengah-tengah mereka, Dia lah sang raja Damai.  Kedatangan-Nya. menandakan datangnya kedamaian di seluruh penjuru negeri.  Ia disebut sang raja yang disebut Adil dan Jaya, lemah lembut, serta sederhana dan dengan penuh kerendahan hati. Ia adalah Yesus Sang Juruselamat dunia. Kata malaikat Tuhan, “..Sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa.  Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat yaitu Kristus Tuhan di kota Daud.” 

Yesus sudah lahir, mati dan bangkit serta naik ke sorga.  Ia telah menuntaskan karya-Nya di tengah dunia ini.  Mari menanti-nantikan dengan sukacita kedatangan-Nya kali kedua untuk menjemput kita memasuki Yerusalem yang baru, kota mulia.  Kiranya Natal boleh senantiasa mengingatkan kita untuk mempersiapkan diri dengan berjaga-jaga dan senantiasa mengisi hidup yang memberi buah.  Sehingga kita boleh dengan sorak-sorai menyambut kedatangan-Nya. Datanglah Kerajaan-Mu. Selamat Natal.

 

Penulis: Budianto Tandirerung, M.Div (PC Perkantas SulSel)


0 Komentar
Anda harus Login untuk memberi komentar

     Find Us on Facebook  Share on Facebook

BERITA
Ulang tahun September...
08-09-2017, Dibaca: 38
...
Ulang tahun Agustus...
16-08-2017, Dibaca: 43
...
Ulang Tahun Juni...
08-06-2017, Dibaca: 90
...
Ucapan selamat ulang tahun....
02-03-2017, Dibaca: 245
...
Lihat Semua Berita >>
ARTIKEL TERBARU
Birtdhday...
oleh Sem: 05-05-2017
Bergantung Sepenuhnya Kepada-N...
oleh Novhita Paembonan, SKM: 02-02-2017
Hidupi Firmanku di Zamanmu!...
oleh Multina Yusuf Tandi, SKM: 23-01-2017
Kemerdekaan yang Sejati...
oleh perkantas Makassar: 27-09-2016
Awal yang Baru...
oleh Novhita Paembonan, SKM: 08-03-2016
DOSEN: Peran Strategis untuk M...
oleh HERMANA KASELLE, ST, M.Eng: 16-04-2015
DATANGLAH KERAJAAN-MU (Zakaria...
oleh Perkantas SulSel: 02-02-2015
Yosua 5:13-6:27 “Secrets of th...
oleh Melinda Pulung: 31-10-2014
Lihat Semua Artikel >>


492400

Saat ini ada 38 tamu dan 0 online user