Pokok Doa  |  Link  |  Peta Situs
Email: Password:   Lupa Password?
Yosua 5:13-6:27 “Secrets of the Victorious life”
oleh Melinda Pulung: 31-10-2014, Dibaca: 1290 kali

Yosua memiliki tugas penting setelah Musa meninggal. Ia harus memimpin bangsa Israel ke tanah perjanjian (Yosua 1:9). Ketika Yosua, berada didekat kota Yerikho, ia bertemu dengan balatentara Tuhan untuk menyampaikan kemenangan yang akan direbut Yosua dan bangsa Israel yakni kota Yerikho. Tuhan akan menyerahkan kota Yerikho beserta raja dan pahlawan-pahlawannya yang gagah perkasa dengan beberapa ketentuan (Yosua 6:2). Yosua pun melakukan apa yang Tuhan perintahkan. Para imam, bangsa Israel dan orang-orang bersenjata mengelilingi kota Yerikho dengan membawa tabut  perjanjian dan meniup sangkakala dari tanduk domba selama 6 hari dan bersorak pada hari ketujuh atau ketujuh kalinya mereka mengelilingi kota itu, maka runtuhlah tembok Yerikho. Tuhan menyerahkan kota itu kepada bangsa Israel. Bangsa Israel memusnahkan dan membakar segala yang ada di kota itu, kecuali emas, perak, tembaga dan besi untuk perbendaharaan rumah Tuhan (Yosua 6:24) serta Rahab dan keluarganya yang membantu dalam mengintai kota Yerikho (Yosua 2:1,11-12).

Inilah kemenangan yang dialami oleh Yosua dan bangsa Israel. Merebut kota Yerikho bukanlah perkara yang mudah. Mereka harus setia dan taat melewati beberapa tahap atau proses yang Tuhan berikan kepada mereka serta mau dipimpin oleh Yosua (Yosua 1:16-18). Yosua mampu memimpin bangsa Israel bukan karena kemampuannya, melainkan karna Tuhan menyertai dia (Yosua 1:9) dan ia taat kepada Tuhan.

Yosua dan bangsa Israel mengalami kemenangan karena ketaatan dan kesetiaannya kepada Tuhan. Seringkali kita menjadi tidak setia dan tidak taat kepada Tuhan, ketika kita tidak siap menerima dan mengalami proses yang seharusnya kita terima. Sebagai tenaga medis, sebelum bekerja kita membutuhkan banyak biaya, waktu yang lama, kuliah, waktu klinik, harus mengikuti uji kompetensi, internship, PTT, magang dan sebagainya. Bahkan ketika menyelesaikan semuanya itu, seringkali ketika bekerja, bayaran jasa kita tidak sebanding dengan pengorbanan kita selama ini, merasa tidak dihargai, terlebih lagi harus ketemu dengan pasien dengan berbagai keluhan fisik, psikis, sosial bahkan spiritualnya (kompleks) dan akhirnya pun fokus kita menjadi salah seperti harta, ja-batan dan tujuan yang kita buat sesuai keinginan kita sendiri. Kita ti-dak lagi setia kepada Tuhan. Tuhan menempatkan kita di dunia medis, bukan karena Ia tidak punya tujuan, melainkan Dia punya rancangan buat kita. Tuhan telah menyiapkan kemenangan didalam kehidupan kita masing-masing. Yang Dia mau adalah kita taat kepadaNya dan setia. Mengundang Tuhan dalam proses ini sangat penting. Bukankah Dia yang menyertai kita, berhasil melewati beberapa tahap? Kemenangan kita adalah di dalam Kristus Yesus, yang akan memberikan kehidupan kekal bagi kita yang percaya. Mari kita percayakan kepada Tuhan kehidupan kita untuk terus taat dan setia dalam proses yang harus kita jalani, serta kesempatan besar bagi kita untuk menyampaikan kabar baik kepada orang yang belum percaya khususnya pasien-pasien yang kita rawat.

Semoga menjadi berkat.

 

Penulis : Melinda Pulung

(Peserta Kamp Mahasiswa Medis 2014)

 

 

 

 


0 Komentar
Anda harus Login untuk memberi komentar

     Find Us on Facebook  Share on Facebook

BERITA
Ulang tahun September...
08-09-2017, Dibaca: 38
...
Ulang tahun Agustus...
16-08-2017, Dibaca: 43
...
Ulang Tahun Juni...
08-06-2017, Dibaca: 90
...
Ucapan selamat ulang tahun....
02-03-2017, Dibaca: 245
...
Lihat Semua Berita >>
ARTIKEL TERBARU
Birtdhday...
oleh Sem: 05-05-2017
Bergantung Sepenuhnya Kepada-N...
oleh Novhita Paembonan, SKM: 02-02-2017
Hidupi Firmanku di Zamanmu!...
oleh Multina Yusuf Tandi, SKM: 23-01-2017
Kemerdekaan yang Sejati...
oleh perkantas Makassar: 27-09-2016
Awal yang Baru...
oleh Novhita Paembonan, SKM: 08-03-2016
DOSEN: Peran Strategis untuk M...
oleh HERMANA KASELLE, ST, M.Eng: 16-04-2015
DATANGLAH KERAJAAN-MU (Zakaria...
oleh Perkantas SulSel: 02-02-2015
Yosua 5:13-6:27 “Secrets of th...
oleh Melinda Pulung: 31-10-2014
Lihat Semua Artikel >>


492399

Saat ini ada 37 tamu dan 0 online user