Pokok Doa  |  Link  |  Peta Situs
Email: Password:   Lupa Password?
Kamp Medis Nasional Alumni X

Link http://kmdna.org/

KMdNA adalah Kamp Medis Nasional Alumni atau ”National Conference for Christian Doctors, Dentists, and Nurses“. Kegiatan ini dilaksanakan setiap 2 tahun dan pada tahun 2014 ini, KMdNA merupakan acara ke-10 sejak awal berdirinya. Seperti tersirat dari namanya, KMdNA merupakan suatu kegiatan bersama yang mengumpulkan anak-anak Tuhan yang bergelut di bidang medis, baik sebagai dokter, dokter gigi, dan perawat.

Kamp ini berawal dari kerinduan para alumni untuk kiranya anak-anak Tuhan dapat bergerak bersama menuju 1 visi yang Ilahi, serta menjadi terang di mana pun ditempatkan. Adapun latar belakang dari kamp ini adalah keyakinan bahwa ladang medis merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari karya penyelamatan dan membangun dunia bagi Tuhan. Dengan demikian tenaga medis harus disiapkan, didorong dan didukung untuk meyakini, menekuni dan memiliki ambisi kudus memberikan yang terbaik sesuai dengan bidangnya. Hal ini akan tercapai jika alumni mendapatkan pembinaan yang berkelanjutan, terangkai dalam pembinaan panjang di samping memiliki persekutuan sejawat serta kelompok seminat tempat mereka mengaktualisasikan misi di samping pekerjaan sehari-hari.

KMdNA X pada tahun 2014 ini adalah bagian dari 3 kamp sekuensial 2012-2014-2016 yang mengangkat tema besar  ”Quo Vadis, Doctors and Nurses?”, yang mengingatkan kita akan kisah Petrus. Kisah ini menceritakan saat Petrus sedang berjalan meninggalkan kota Roma untuk menghindari penganiayaan yang sedang terjadi. Di tengah perjalanan, ia bertemu dengan Yesus yang telah bangkit, dan Petrus bertanya, “Quo vadis Domine?” atau “Where are you going, Lord?”. Lalu Yesus pun menjawab, “Romam vado iterum crucifigi” atau  ”I am going to Rome to be crucified again“. Dari percakapan itulah Petrus lalu memperoleh keberanian untuk kembali ke Roma, sampai akhirnya ia harus mati dalam keadaan disalib secara terbalik. Kisah inilah yang juga mendasari judul dari KMdNA X. Pertanyaan yang sama diberikan kepada kita yang menggeluti bidang medis, “Quo vadis?”. 

Ke manakah Engkau hendak pergi, hai dokter, dokter gigi, dan perawat?

KMdNA X ini bertujuan supaya setiap dokter, dokter gigi, dan perawat dapat menjawab pertanyaan tersebut dan menjadi pelaku-pelaku visi Allah bagi dunia kesehatan dan bagi dunia. Tema-tema dalam setiap KMdNA pun dielaborasi sehingga pada akhirnya dapat memberikan pembinaan yang kontinu bagi para pesertanya. Pada KMdNA X yang akan diadakan pada tahun 2014 ini, pokok bahasan yang diusung adalah “Totalitas dan terbaik dalam panggilan” (Devote yourself to do the best in your calling). Tema ini merupakan kelanjutan dari KMdNA IX yaitu “Find and commit your calling“, dan akan dilanjutkan pada KMdNA XI dengan tema “Panggilan dan Eksistensi dalam Globalisasi“.

Tujuan umum dari diadakannya kamp ini bukan hanya sebagai ajang pergaulan antar sesama pekerja medis. Sungguh, ada tujuan yang lebih dalam dari itu, kawan. Tujuan itu adalah sebagai berikut:

  1. Menumbuhkan kesadaran alumni dalam memiliki ambisi melakukan yang terbaik dan menjadi yang terbaik dalam karya sesuai dengan panggilan dan kapasitas yang Tuhan percayakan padanya.
  2. Menumbuhkan motivasi alumni untuk memiliki nilai totalitas dalam berkarya dan kepedulian berbangsa.
  3. Menumbuhkan dan memperlengkapi persekutuan alumni maupun kelompok seminat (interest group) dalam melakukan misi integralnya di daerah dan nasional.
  4. Membukakan wawasan (worldview) beban pelayanan secara nasional dan dunia pada alumni.
  5. Mendorong alumni menjadi pemimpin dan agen perubahan di dunia medis sesuai dengan panggilannya.

Selain itu, panitia juga rindu supaya kiranya semakin banyak anak-anak Tuhan mempunyai visi dan misi yang Ilahi. Output yang diharapkan dari KMdNA X ini adalah semakin banyaknya alumni yang sadar dan konsisten pada panggilan khususnya, serta mengerjakan yang terbaik dan penuh totalitas. Selain itu diharapkan juga makin makin banyaknya persekutuan dokter dan dokter gigi dengan interest groups medis Kristen serta  terbentuknya proyek-proyek yang bersifat misi integral, yang dikerjakan pribadi maupun kelompok seminat atau sepanggilan baik secara lokal, regional, nasional maupun internasional.


Dibaca: 1022 Kali
0 Komentar
Anda harus Login untuk memberi komentar

     Find Us on Facebook  Share on Facebook

BERITA
Ulang tahun September...
08-09-2017, Dibaca: 38
...
Ulang tahun Agustus...
16-08-2017, Dibaca: 43
...
Ulang Tahun Juni...
08-06-2017, Dibaca: 90
...
Ucapan selamat ulang tahun....
02-03-2017, Dibaca: 246
...
Lihat Semua Berita >>
ARTIKEL TERBARU
Birtdhday...
oleh Sem: 05-05-2017
Bergantung Sepenuhnya Kepada-N...
oleh Novhita Paembonan, SKM: 02-02-2017
Hidupi Firmanku di Zamanmu!...
oleh Multina Yusuf Tandi, SKM: 23-01-2017
Kemerdekaan yang Sejati...
oleh perkantas Makassar: 27-09-2016
Awal yang Baru...
oleh Novhita Paembonan, SKM: 08-03-2016
DOSEN: Peran Strategis untuk M...
oleh HERMANA KASELLE, ST, M.Eng: 16-04-2015
DATANGLAH KERAJAAN-MU (Zakaria...
oleh Perkantas SulSel: 02-02-2015
Yosua 5:13-6:27 “Secrets of th...
oleh Melinda Pulung: 31-10-2014
Lihat Semua Artikel >>


492431

Saat ini ada 72 tamu dan 0 online user